Pages

Monday, April 9, 2007

Pastel Kentang Tutup

Ini masih berhubungan dengan postingan ultah Zaya.Gw bingung mau bawa makanan apa,soalnya waktu tlah tersita sama si kue ulang tahun, tambah lagi Lulla sakit.
Ternyata mbak eka pun bilang lebih baik gw ngebuatin dia kudapan yang rasanya ngkeju gitu.Rencananya pengen bikin Kentang Brokoli yang pernah dibikin Anne di blog dia http://andrieanne.blogspot.com tapi males lah bo buka2 internet dulu untuk liat recipe ini, waktu terlalu sempit untuk itu.Dan begonya gw pas liat postingan Anne itu enggak ngebaca ma skali recipe yang dia tulis diblog dia itu jadi ma skali gak tau bahan2 yang dipake.Akhirnya gw hanya berimajinasi...
Ini terispirasi dari resep Fusilli daging asap andelan gw, cuma di sini sauce-nya dibikin lebih kental dengan menggunakan terigu, kl di Fussili gw menggunakan maizena, plus gw ilangin oregano dan paprika yang biasa gw campurin di Fussili.
Untuk kentang kayaknya di puree aja lebih mantab than dipotong kecil2, cari praktis ajah...
Dan hasilnya ternyata lumayan banget, hehehehe...
Bisa diliat recipe-nya di bawah..
Maaf kalo ada beberapa item yang enggak ada takarannya, karena gw ini tipe pemasak yang paling malas nakar, kebanyakan maen cemplung dan feeling, hehehehhe...gawat bener gw!
Resep dibawah ini ternyata menghasilkan 2 pinggan berukuran bulat, kalo gak salah diameter 18 deh.

Ini resepnya :

6 butir kentang ukuran sedang

Brokoli 300gr (kurleb segini yah, lebih boleh lah...)

Daging cincang 250 gr( lebih juga boleh, waktu itu sih belinya cuma segini)

1 butir Bawang Bombai (ukuran sedeng)

Margarine untuk menumis

Tepung terigu secukupnya

Susu bubuk fullcream dicairkan dengan 600 ml air (dibikin agak kental)

lada bubuk

garam

1/2 sdt gula

keju 1 pak kecil


Cara :

Rebus kentang lalu haluskan.Lalu susun dipinggan yang telah dioles margarine, padatkan.

Rebus brokoli yang sudah dipotong sesuai kuntum

Tumis menggunakan margarine, daging cincang dan seperemapat lingkaran bawang bombay yang talah dicincang halus.Sisihkan

Tumis sisa bawang yang telah dicincang halus bersama margarine, setelah harum masukkan tepung terigu, aduk2 sampai terigu menggumpal, kalau belum menggumpal masukkan lagi terigunya.

Lalu tuang susu aduk2, masukan gula, garam, lada, aduk sampai terigu yang menggumpal tadi larut dan mengental bersama susu.Campurkan keju(3/4 bagian) yang telah diparut.Masak sampai kental.

Siram beberapa sendok saus susu diatas kentang, taburi daging cincang tumis tadi, lalu susun brokoli rebus, siram dengan sisa saus susu, ratakan, lalu taburi keju parut sisanya.

Panggang dengan api bawah 20 menit dengna suhu 160 derajat, lalu 10 menit berikutnya dengan api atas.


Soal rasa...yummmy..., walo resep ini karangan gw semata, tapi lumayan buat rekomendasi.


2 comments:

A. Ann said...

Pasti enak lahai..:-)

momLnB said...

hehehhee...hasil lirik2 blog lu nih bo, next time kudu nyatet resep benernya yang di blog lu tuh kynya...wekkkk