Pages

Tuesday, April 24, 2007

Kursus Sushi


Minggu lalu gw sama Ummi ikutan kursus sushi, secara kita berdua adalah pelahap sushi sejati, maka semangat lah kita menimba ilmu bikin makanan uenak ini.SI Ummi yang biasanya males ama urusan perdapuran ajah sampe tertarik banget.Minggu pagi kemaren, gw dianter tori dan Lulla akhirnya ke rumah Ummi, gw dan Ummi dianter ma pak Imron, sementara para suami dan anak2 (Lulla dan Sutan) kita tinggal di rumah Ummi.

Kursus Sushi yang diadain sama Mbak Yenni Craftmania ini jauh lebih murah dari kursus sushi yang biasanya.Enaknya di kursusu ini kita sebagai peserta dijamin langsung bisa, karena praktek langsung.Yang paling penting dari pembuatan sushi adalah teknik memasak nasinya dan penggulungannya.Akan sangat sulit kita pelajarin kalo gak nyoba sendiri, jadi bisa tau gimana bikin nasi sushi yang enak dan bikin gulungan yang pas.



Diatas ini sushi karya-nya Ummi, cakep ya?






Ini dia tampilan sushi bikinan tangan gw, ternyata gak sesulit yang dibayangkan.makanan ini tergolong praktis, sehat pula...

Sushi yang gw buat hari itu antara lain jenis Maki Sushi (sushi roll), maki sushi ini dibagi 2 yaitu futomaki atau sushi yang digulung dengan nori (liat gambar : sushi yang dalam balutan nori ijo itu deh..) dan Uramaki yaitu sushi roll yang norinya berada digulungan dalam (lihat gambar sushi yang ditaburi wijen.

Selain Maki sushi gw juga membuat Nigiri Sushi, yaitu sushi yang dikepal lalu atasnya diberi toping, bisa telur, bisa ikan, bisa pula sayuran kemudian diikat dengan Nori (lihat gambar: sushi yang diatasnya iletakkan telur dadar dan sayuran lalu diikat nori).

Naaah...kalo yang bentuknya segitiga dibelakang itu namanya Onigiri, kalo gw bilang sih lemper Jepang, hehehehehe...



Ini recipe-nya yah...soal isian sushi dan topingnya silahkan kreasi masing2, semakin sering kita berani memadukan bahan makin seru rasanya.

Oh ya, akan lebih asik lagi kalo isian ditambah olesan mayo atau barbeque sauce import dan ditaburi telur ikan, yum...yum...










Sushi

Bahan Nasi Sushi :
3 cup beras jepang
3 cup air
1 cup air untuk merendam konbu
8cm konbu

Larutan cuka :
4 sdm cuka jepang
2 sdm gula pasir
2 sdm mirin
1sdt garam
1 sdt hondashi

Cara Membuat :
Masak Nasi dengan air rendaman konbu (konbu direndam kurleb 3 jam)
Setelah masak, nasi dipindahkan ke wadah besar, lalu tebar supaya uap keluar
Sambil ditebar perciki dengan larutan cuka, aduk rata, kipasi agar cepat dingin
Siap digulung diatas Nori atau dibawah nori (sesuai selera)

Isian Sushi :
Kyuri (timun jepang) dipotong setengah cm
Wortel Impor diiris ½ cm lalu tumis sebentar
Alpukat, iris tipis
Tuna/Salmon iris tipis

Pelengkap
Nori (rumput laut)
Wasabi
Gari
Shoyu


Onigiri

Bahan :
Nasi pulen
Garam secukupnya
1 kaleng tuna chunck in oil
2 sdm shoyu
Nori
Wijen shangrai

Cara :
Nasi selagi hangat dicampur dengan garam, aduk rata
Tumis tuna dengan shoyu, tidak perlu menggunakan oil atau margarine lagi karena sudah berminyak (ingat tuna chunck in oil sudah berminyak)
Alasi tnagan dengna pelastik, ratakan nasi di telapak, lalu ditengah isi dengan tumisan tuna, tutup dan tekan2 nasi, lalu bentuk segitiga
Bagian bawah dibalut dengan nori, lalu atasnya taburi wijen jika suka










Note : untuk Onigiri isian bisa diganti dengan ayam, bahkan gw punya ide untuk diisi dengan isian panada, pedesnya pasti lebih menggoda...

1 comment:

ANASTASIA said...

hi! boleh tau nggak kursus sushi nya dimanaa ya? punya contact numbernya ga? plis plis plis.. aku pengen banget bjajar bikin sushi,,, makasiii infonya
Anastasia
ira.anastasia@gmail.com