Pages

Monday, May 7, 2007

Lasagna...


Hubby mau pulang Sabtu sore, katanya ada temennya yang mau nginep pula, kudu nyiapin camilan kalo gitu.Sabtu pagi bangun tidur langsung ke dapur mbikin lasagna dan untuk kudapan bikin labu Kabocha yang ada di Blog Anne, sempet chating jg ma Anne ngomongin si Labu ini.ntar ada postingannya deh...


Neh resep aslinya, jujur aje gw mah seperti biasa-nya gak pernah disiplin ma resep, gw modif sesuka hati, wakakakak...Gw cuma pake 5 lembar lasagna, dengan memperbanyak isi dan memakai mozarela di tiap lapisan wiiih...ngkeju buanget deih...

Lasagna


Bahan :

8 lembar lasagna kering
100 gr keju mozzarella parut
50 gr keju parmesan parut

Saus daging :
2 sdm margarine
1 siung bawang putih, cincang
100 gr bawang bombai, cincang
500 gr daging sapi cincang
500 gr tomat, seduh air mendidih, kupas, cincang
170 gr pasta tomat
200 ml air
1 ¼ sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt oregano bubuk
¼ sdt basil bubuk
2 ½ sdt gula pasir


Saus keju :
60 gr margarine
60 gr tepung terigu
700 ml susu cair
150 gr keju cheddar parut
½ sdt merica bubuk
¼ sdt pala

Cara membuat:
Didihkan 2.000 ml air dalam wajan, tambahkan 1 sdm minyak goreng dan lasagna, masak selama ± 15 menit atau sesuai petunjuj dalam kemasan, angkat, tiriskan. Panaskan oven pada suhu 180 ยบ C.

Saus daging :
Panaskan margarine, tumis bawang putih dan bawang bombai sampai layu. Masukkan daging cincang, aduk sampai warnanya berubah, masukkan tomat cincang, pasta tomat, dan air. Tambahkan garam, merica, oregano, basil dan gula. Masak dengan api kecil sampai kental, angkat.

Saus keju :
Panaskan margarine diatas api kecil atau sedang, masukkan tepung terigu, aduk sambil tuangi susu sedikit demi sedikit. Setelah adonan licin, masukkan keju, merica, dan pala, aduk rata, angkat.Siapkan 4 buah loyang tahan panas atau loyang aluminium ukuran 11 x 16 x 4 cm, alasi dengan kertas aluminium, lalu olesi margarine.Taruh selembar lasagna di dasar loyang, tambahkan saus daging, dan saus keju diatasnya, ratakan. Lapisi lagi dengan lasagna dan bahan lainnya dengan urutan yang sama.
Paling akhir, taruh lasagna di atasnya.Taburi keju mozzarella dan keju parmesan diatasnya. Masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan, panggang selama ± 20 menit, angkat. Sajikan dan nikmati lasagna selagi hangat.Untuk 4 porsi.
Sayang di sayang, Hari Sabtu itu kami sampe rumah dini hari, jadi Lasagna ini tak sempat terjamah, baru kemakan Minggu paginya, Nah kebetulan mama Elang baru pulan gdari rumah sakit pasca Melahirkan bayi laki-lakinya , maka sekalian aja bagi 2 lasagna bikinan gw ini untuk Mama Elang.

2 comments:

idasyah said...

MO saus putihnya lebih nendang?? Pake whipped cream 1 : 1 dgn susu cair... di jamin lebih 'greng' rasanya.... :d

sapta prayesti said...

hi say,kynya mantab banget neh lasagnanya,aku juga mau buat tapi lom sempat2 mampir juga ke blogku ya di www.saptabony.blogspot.com salam kenal muachhhhhhhhhhhh