Pages

Tuesday, February 10, 2009

Praktek Sogok menyogok kecil-kecilan di lalu lintas…

“Ini pengalaman pribadi saya,truly really saya liat dengan mata kepala sendiri,jadia ini bukan fitnah,tapi hanya keprihatinan”

Saya kategori orang yang gak mau tergantung orang,gitu juga dengan mobilitas saya sehari-hari,saya emoh tergantung supir atau jemputan dari orang rumah. Gak heran sesekali pulang kantor saya sering nongkrong di depan gedung nunggu taxi atau angkot, kadang kalo udah capek dan pengen cepet saya hajar juga deh naik ojek. Saya pun cenderung suka aktifitas ‘nongkrong’ nunggu kendaraan umum ini,bahkan saya bukan type orang yang suka order taxi dari kantor padahal front desk di kantor saya emang rajin nawarin untuk membantu pemesanan taxi, but sampe detik ini gak pernah saya lakukan selain karena suka lama saya juga suka malas bengong sendiri di taxi.Berdiri di pinggir jalan kadang menyuguhkan pemandangan ‘lain’ dari biasanya,kita jadi bisa liat prilaku orang-orang yang bukan dari ‘lingkungan’ kita sehari-hari.Dan terbukti inilah yang membuat saya membuka mata atas fenomena yang terjadi di sputar kita.

Saya paling seneng naik angkot,di angkot akan lebih banyak pemandangan dan ‘masukan’ ke benak saya tentang another lifestyle masyarakat Jakarta, dan dijamin dapet duduk pula.Kadang saya juga ngobrol ma supir angkot tentang daily life mereka,saya mengacungkan jempol bagi mereka-mereka (supir angkot) yang masih punya visi nyekolahin anak,karena penghasilan mereka kecil banget. Disamping penghasilan kecil itu, mereka sering menyinggung-nyinggung perihal :”belom lagi kalo kena Polisi mbak..”.

Kena Polisi?apakah maksudnya??



Saya baru mengerti ketika beberapa hari lalu saya naik angkot 05 dari Depok menuju rumah saya Komplek Permata Depok. Saya biasa naik angkot 05 ini di jalan Margonda Raya seberang Ramanda Depok. Entahlah saya gak tau apakah pemberhentian itu legal atau ilegal,karena seharusnya penumpang kan naik dari terminal,sedangkan tempat saya biasa naik itu (as called as “STM”) posisinya sebelum terminal (dr arah Jakarta).Sejak saya kenal Depok saya taunya kalo mo naik angkot 05 ya dari situ itu,dan angkot-angkot 05 sudah akan ada disitu kapan pun kita mau naik.Jadi saya pikir disitulah lokasi ‘legal’ bagi angkot untuk menarik penumpang.

Tiba-tiba angkot yang saya naiki diberhentikan polisi,saya gak mengerti kenapa.Trus kunci mobil diambil oleh polisi,dan polisi itu ngeloyor aja pergi.Si supir marah-marah,merasa kesal pada polisi,karena sore itu dia sudah ketangkap polisi untuk kedua kalinya. Lalu si supir menghampiri polisi (gak jauh dari angkot),tapi sebelum itu sambil ngedumel si supir sempat membuka dompet dan mengambil beberapa lembar uang (sorry saya gak aware jumlahnya),trus gak lama si supir bercengkrama dengan si polisi,dan supir menyodorkan sesuatu (asumsi saya ya uang yang tadi dia siapkan karena sejak turun dari mobil dengan tangan itulah si supir mengepal uangnya),kemudian diterima oleh polisi dan polisinya menyerahkan kunci mobil angkot yang tadi dia ambil.

Si supir kembali ke mobil masih sambil ngedumel dan marah-marah dia menyalakan mobil dan melaju. Dia sempat teriak “Dasar polisi mata duitan!!!!!!!”.Deg hati saya mencelos,ini kali kedua kejadian ini saya alami,polisi menilang angkot yang dianggap salah tapi beberapa menit kemudian si angkot dilepaskan karena berhasil menyogok dengan beberapa lembar uang. Bahkan surat tilang pun tidak dikeluarkan sama sekali.

Kayaknya sudah jadi rahasia umum hal yang saya tulis ini,soalnya ketika si supir angkot tadi ‘dikerjai’ polisi,seluruh penumpang di angkot saling berceloteh hal yang sama, rata-rata berujar “dasar polisi reseh”,”gak tau malu dasar mata duitan”, “polisi lagi nyari duit tuh”.Kurang lebih kayak gitu,artinya bukan rahasia lagi kalo polisi lalu lintas khususnya di Depok imagenya seperti itu di masyarakat.

Saya prihatin sekali,buat saya mestinya polisi punya wibawa,karena mereka adalah aparat masyarakat pengayom masyarakat dan terpenting adalah penegak hukum. Kalo emang si supir angkot salah atau melanggar aturan,kenapa gak dikasih hukuman yang sesuai dengan peraturan?Atau kalo mau bertindak tegas kenapa enggak angkot2 yang melanggar (dalam artian mengangkut atau memberhentikan penumpang di tempat yang tidak seharusnya) akan dicabut hak menarik angkotnya untuk beberapa saat.Kalo ada efek jera semacam itu,tentu para supir angkot yang notabenenya bukan orang terpelajar ini akan jera,toh kalo sampai macam-macam mereka gak bisa menghasilkan uang?kalo udah gitu siapa juga yang mau??Mau penumpang minta berhentiin tengah jalan dengan iming-iming ngasih bayaran lebih juga saya rasa supir angkot gak berani,dari pada ketangkep polisi dan gak bisa narik angkot beberapa hari, hayo??

Jadi apakah praktik sogok menyogok uang kecil ini patut dibiarkan?Pihak-pihak terkait sebaiknya membenahi masalah ini.Karena praktik illegal ini hanya akan membuat terpuruk image polisi di mata masyarakat dan tidak memberikan efek jera sama sekali bagi pengendara angkutan umum.

Jangan berharap ketertiban akan tercapai kalo sudah begitu gitu…

5 comments:

dewi_fajar said...

betuuulll bgt mba..di mata masy.krn ulah 1 polantas (bkn oknum) jd smua polisi tercemar...smoga ini bs jadi masukkan utk polantas & non polantas yg lain yaa mba...

smoga crita ini bisa aq"MLM"-kan ke yg bersangkutan...^^

primaningrum said...

nah itu dia masih banyaki oknum polisi dijalanan model keik begitu!!! heran ya gak risih apa disumpahin banyak orang,... sian anak istrinya padahal makan hasil mendzalimi orang lain,..

icHaaWe said...

heeyy jeng apa kabar???dah lama euy gak keblog mu ini.

serba salah kadang2 ...sebel juga sama sogok2 gini. tp terkadang mau gak mau terjerat dalam situasi yg buru2 dan gak mau repot...ya jd lah itu..nyogok...cingcai2 laaaah...hehehe...tergantung situasi juga siy...

Lisa said...

setuju sekali dg pandangan ibu :-)
btw naik angkot enak ya... byk angin

Lesca Boma said...

mendingan mata duitan, atau mata keranjang ya...? :-p

hehehe..., ilmu bikin anaknya udah dipraktekin belum? ;-)