Pages

Thursday, January 31, 2008

Menghadapi Lulla si Susah Makan...

Sejak Lulla mulai bisa makan gw sudah melihat hal yang aneh dari anak gw,dia enggak suka makan!Ngemil pun biasa aja,kadang kalo enggak ditawarin ya jarang banget untuk minta, kadang kalo pun ditawarin cemilan dia milih banget,kadang mau kadang enggak,tergantung selera deh dan mood deh..
Tapi yang repot adalah pola makan hariannya,dari bayi ampe sekarang kami sekeluarga mesti deh repot kalo udah berurusan sama nyuapin Lulla,hampir semua orang hands up,kecuali gw,Jannah, Datuk (bokap gw) dan Epit (adik gw),kami berempat adalah orang-orang yang relative ‘sukses’ memasukkan makanan ke mulut kecil Lulla.Ini terjadi sampe sekarang…

Yaah walo gitu gw juga bersyukur,setidaknya makin kesini makin ada aja jalan untuk menyiasati masalah Lulla yang gak suka makan ini,mau tau apa kira-kira cara gw menyiasatinya?berikut tips dari gw :
1. Menghidangkan makanan dengan cara yang gak ‘biasa’,misalnya gw sering bikin tumpukan nasi yang dibentuk jadi kepala binatang,dimana mata,hidung dan telinganya dari lauk makanannya.
2. Karena Lulla sering bosan sama menu makanan,maka dalam seminggu menu makan tidak boleh gw ulang
3. Sesekali mengganti nasi dengan bahan lain,seperti pasta,mie beras,atau kentang,sama bergizi dan mengenyangkan kan Mom?
4. Mengajak makan sambil melakukan aktifitas outdoor seperti main dihalaman atau piknik di halaman
5. Mengalihkan perhatian seperti mengajak makan sambil membaca buku atau nonton televisi

Kadang kalo makan siang kami suka mengajak Lulla makan di halaman, berkonsep piknik dengan menggelar Koran atau kain alas piknik di hamparan rumput dia akan semangat menghabiskan makanannya.Sambil terus berceloteh “apa warna bunga itu?,kupu-kupu kok bisa tebang?,semut makannya apa?”, membuat dia lupa sudah berapa sendok makanan yang masuk ke mulutnya.
Ada kalanya sesi ‘piknik’ ini membosankan buat dia, dan dia lebih suka makan sambil nonton tivi.


Tapi yang paling repot adalah kalo dia udah mulai minta makan sambil main bola di halaman, duh yang nyuapin kan takut dia tersedak.Tapi kenyataannya makan sambil main bola ini yang paling mampu membuat dia makan nambah,waaaaaaaaaaah miracle tuh Lulla mau nambah,hhehehehhe..
Terlepas dari sopan atau gak sopan ya,tapi untuk saat ini, inilah cara makan yang memang efektif bagi anak yang sulit makan kayak Lulla,jadi gw turutin dulu deh,sambil berharap diusia sekolah dia akan berubah…












Rasanya iri banget kalo liat anak-anak lain bisa makan dengan lancarnya sementara Lulla susaaaaaaaaah banget.Kemaren pas mampir ke rumah si Tole Aurelle,gw surprise banget liat Tole makan campuran pisang dan apel yang dihaluskan dengan lahap,sementara gw inget Lulla yang selalu sulit makan,huuuuuuuuuuuuuuaaa..iri banget gw sama Ary!!
PS: Ry,kapan2 kita jadi ya mempertemukan si Tole dan Lulla,biar anak-anak gak bisa diem ini bisa berkolaborasi,hehheehe...

3 comments:

Bunda Azra said...

Emang kita sebagai ibu, kudu pinter yah cari akal, biar sukses kasih makan, biar sukses mandiin anak, segala macam cara hayoo...Untung aja azra gampang makannya, dulu sempet susah, trus di kasih vit curcuma sama susu pediasure, sekarang gampang tuh makannya

ary said...

Hayo mbak Lulla, makan bareng sama ak u yuk ! kita cari waktu yang lowong buat ketemuan. Mamaku juga suka cerita macem2 kalo aku lagi kadang lagi lama makannya, kadang juga dia nari n nyanyi, trus mimik mukanya suka lucu, usaha critanya mbak ....

Mama Shasa Shahira said...

wah.. lulla sm dengan shasa susah bgt mknnya..
tp shasa udh di cb segala cr msh juga susah mkn.. plg cm 3 suap udh gak mau lg.. mknan di buat beda, malah di jadiin mainan... udh ksh vitamin dr yg murah smp yg mahal tp gak ngaruh.. hihihi.. keturunan klg papanya pd susah mkn..hehehe..