Pages

Monday, December 15, 2008

1st Manasik Haji for Lulla,Kondangan dan Idul Qurban


Tahun ini banyak cerita yang telah gw tulis tentang Lulla, gadis kecil kami yang baru memasuki usia sekolah. Seperti yang gw bilang sebelumnya, kami sangat menyukai sekolah Lulla, program yang diberikan membuat kami merasa puas menitipkan anak kami untuk bersekolah disana.

Kali ini program sekolah yang membuat Lulla senang adalah manasik Haji, program tahunan yang diikuti siswa sekolah disana tiap menjelang Idul Qurban.

Pihak sekolah menyulap lingkungan sekolah menjadi suasana haji, mulai dari ka’bah, sampe terowongan mina,ehehehe..keren deh..

Salut untuk crew Al Fikry,kreatif banget..


Niat bgt ya,gurunya ada yg berkostume orang cacat lo,pake korsi roda segala...

Acara manasik haji ini diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 6 Desember 2008, dua hari menjelang Idul Qurban. Kebetulan hari Sabtu,gw libur dan gw gak ada agenda apa2 jadi bisa full menemani Lulla kesekolah.

Acara mulai dari jam setengah 8 pagi, pertama rombongan siswa di-briefing dulu,siswa dibagi-bagi ke beberapa kloter,pura-puranya kloter dari berbagai bangsa. Kelas Lulla kebagian menjadi kloter jemaah haji dari Malaysia,ketua rombongan dari kelas Lulla adalah Hamizan,cowok kecil berambut gondrong teman sekelas Lulla,satu-satunya siswa kelas PG 2 yang mau pake baju ihrom,maka terpilihlah menjadi ketua rombongan,ehehehe…

Setelah brieving, Lulla dan rombongna berpose di miniatur Ka’bah,lalu berkeliling Ka’bah kemudian diteruskan dengan solat 2 rakaat didepan Ka’bah.Setelah itu rombongan haji cilik ini mampir untuk minum air zam-zam,well…disesi ini mereka sibuk berceloteh saling bertukar opini tentang air zam-zam yang mereka minum,lucunya..


Lulla dan teman sekelasnya


Setelah itu, mereka melakukan ritual berlari –lari kecil, Safa dan Marwa,ehehehhe…kali ini Lulla yang paling bersemangat,saking bersemangatnya lari-lari kecilnya diikuti berlomapat sesekali,sampe ditegur sama Ibu Ina “ingat ya berlari kecil bukan melompat-lompat”,ehehehe.

Setelah itu,mereka melakukan wukuf,lalu melewati miniatur terowongan mina,dan kemudian melempar Jumroh.Ini kayaknya kegitan yang paling digemari rekan sekelas Lulla,soalnya mereka serempak semangat pas melemparkan batu (batu2an yang terbuat dari gumpalan Koran).

Kemudian ritual dilanjutkan dengan pemotongan rambut lalu diikuti dengan pemotongan Qurban.Nah kalo pas sesi pemotongan Qurban (Qurbannya bo’ongan ya) adalah favorit gw,gw salut gitu liat kreativitas team sekolah,mereka membuat binatang Qurban bo’ongan dari kertas semen yang diisi dengan gumpalan Koran,tapi yang uniknya ketika prosesi penyembelihan, dari leher hewan Qurban mainan itu mengucur cairan merah semacam darah,hebat yah!!!Ternyata cairan merah itu sengaja dibuat dengan cara dimasukkan kedalam sebuah plastic untuk es yang kemudian diletakkan tepat dileher hewan qurban mainan itu,sehingga ketika si hewan dipotong, plastic berisi cairan merah itu turut terpotong,sehingga cairan merah meleleh keluar,menyerupai darah hewan qurban beneran,ehehhe,lucu yaaaaaaaaaaaaah…

Selesai acara,Lulla bersama teman sekelas lunch bareng pake nasi kebuli,Lulla lumayan agak banyak makanya, ternyata kalo disekolah dia makanya banyak,apa karena bersama teman-teman yah?




Sepulang sekolah kami menengok adiknya Nadia yang baru lahir,lalu segera kembali kerumah untuk beristirahat,malamnya papa ngajak dinner diluar,biasalah si Papa cepat bosen dirumah kalo hari libur.

Besoknya pagi-pagi dah prepare untuk kondangan ke nikahan anaknya Sepupu Eyang,kebatulan ada our lovely Uncle yang baru aja menyandang gelar baru yaitu DUREN SAWIT (duda keren sarang duit),eheheh..ini gw cuma nyontek istilahnya Oma Betty aja,soalnya Pak De Heppy yang baru aja dua bulan menduda dah banyak yang ngincer,padahal si Duren sendiri masih sante-sante belom minat nyari pengganti kekasih hati yang udah almarhumah.

Btw,di pesta kali ini,ada yang special, adik gw untuk pertama kalinya mengajak pacar seriusnya ke pesta keluarga,well launching gitu lah…Soalnya beberapa orang belom kenal,sementara this couple udah menyatakan keseriusannya untuk menuju jenjang lebih serius. Dan gw sekeluarga mendukung niat itu,mengingat sang pacar adalah sahabat baik gw sejak kuliah,jadinya kami merasa udah kenal cukup baik ma dia,dan kalo pun jadi jodoh kan seperti mengikatkan tali persaudaraanyang lebih erat.Doain aja…


Pak De "DUREN SAWIT"-Dono-Epit-Oma betty-Gw-Nenda-Andung

Besoknya kita lebaranan,Idul Qurban,solat Ied di Komplek, trus langsung cabcus ke rumah mertua,sampe sana gw sempet teller berat dan tertidur pulas di kamar mama, kayaknya mertua gw sampe kesian gitu ngeliat gw yang kecapean,ehhehe..secara berhari-hari gw nonstop beraktifitas dari kerja,ngurus anak dan masak untuk lebaran.

Setengah hari di Mertua,trus gw sekeluarga cabcus ke rumah Oma Betty, disana kumpul Eyang gw (EyangUyutnya Lulla), nenda dan andung dari Cinere, dan Pak De Heppy, serta gerombolan sepupu gw.Kenapa Oma Wenda dan opa Mance absent?lagi pada di Menado katanya,pulang kampung kah?Kemungkinan juga ngurusin kampanye pak Jendral yang nyalon jadi caleg di Menado,wakkakakakk…

Hari itu gw lelah banget,tadinya mau pulang sore,taunya si Eyang Uyut mellow gitu pas ditinggal Pak De Heppy balik ke Semarang,mana rombongan Cinere pada Bubar,ya udah lah gw sekeluarga tinggal dulu untuk menghibur eyang uyut,cup…cup…cup jangan sedih ya eyang…

Setelah jam 9 malem,semua dah mandi,dah makan malem,dah sikat gigi dan dah pake costume tidur,kami pulang kerumah,bisa dibayangin ya sampe rumah semua teparrrrrrrrrr..including me!

Hari yang melelahkan,besoknya kita2 semua kembali beraktifitas seperti biasanya..

1 comment:

primaningrum said...

bagus ya program sekolahnya,... dah gitu kreativitas guru guru sekolahnya patut diacungin jempol. terutama buat ngadain acara manasik haji sendiri jadi gak perlu kudu ke asrama haji pondok gede, kasian aja bok liat anak2 kecil kecil diarak ke asrama haji bersama puluhan siswa dari mana-mana buat manasik haji bersama, akhirnya programnya malah gak efektif, karena terlalu padat yg ada malah pada rewel dan kecapean,...