Pages

Saturday, April 19, 2008

Pameran Adi Wastra Nusantara 2008, Pameran Kain Nusantara Unggulan


Membahas apa kita kali ini?yup, kali ini kita bahas-bahas dikit soal kain nusantara, secara ya lagi anget nih topiknya dan event yang berkaitan dengan topic yang akan kita bahas baru aja berlangsung di Balai Sidang Jakarta tanggal 16-20 April 2008 lalu. Acara pameran kain nusantara ini disebut Pameran Adi Wastra Nusantara, dimana acara ini diselenggarakan oleh Wastraprema, sebuah perkumpulan pecinta tenun, batik dan kain adati yang diketuai oleh Ibu Adiati Arifin Siregar. Event ini tujuan intinya adalah mengenalkan dan membudayakan kain nusantara kepada seluruh masyarakat.Event ini diselenggarakan juga dalam rangka memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional dan menyambut Program Visit Indonesia Year 2008.Acara Pameran gak cuma memamerkan kain nasional dan kain dari Negara tetangga, tetapi juga dimeriahkan dengan acara fashion show yang memamerkan hasil karya designer Nusantara.















Pokoknya seru banget deh…bener-bener gemes dan rada ‘sakit mata’ kalo gak bawa duit yang cukup,hehehehe…secara kain-kain yang dijual cuantik-cuantik buanget,haaa…
Selain kain, yang juga banyak dijual dan dipamerkan adalah perhiasan etnik mulai dari bahan emas,perak ampe kuningan.Semuanya gak perlu gw jelaskan lagi, cantik semua, dan bikin ngiler semua. Bener banget kata Arie (mamanya Aurelle) kalo kesana mang bikin ngiler, pengen mbeli semua rasanya, wakakkakk….






Gw sendiri merasa gak ada puasnya tuh keliling-keliling stand satu ke stand lainnya, apalagi kalo mampir ke stand pembuatan batik dan tenun, wiiih…jadi kepingin belajar dan bisa membuat batik dan menenun sendiri.
Sayang kemaren pas kesana ditemani Tori dan Lulla, mereka kan gak tertarik ma hal-hal berbau Textile dan Aksesoris, yang ada mereka berdua bosen banget..jadi gw diburu-buru aja.Padahal masih pengen nungguin fashion show-nya Ghea Panggabean dan Charmanita, para designer jenius bangsa ini.Secara gitu ya gw kan udah berdecak kagum sama kain-kain hasil karya mereka yang dimuat di buku “Cara Memakai Kain” dari Art Kea ituw…Tapi ya udah lah gw pasrah aja, kedua ‘bayi’ udah meronta ronta soalnya, dari pada rusuh…














Stand Kain Negara Tetangga


So, apa yang gw dapet diacara itu?first gw makin termotivasi untuk mengenal dan mempelajari filosofi kain-kain Nusantara, karena kain Nusantara yang dibuat oleh para pengrajin itu adalah hasil karya turun-temurun yang sejak awal dibuat oleh nenek moyang emang sengaja memuat makna-makna tertentu.Contoh aja di Jawa, batik itu kan motifnya macem-macem, dan beberapa batik misalnya corak Wirasat Delimo, yang coraknya meliputi perpaduan motif Sido Mukti, Sido Luhur, Truntum, Drajat dan Cakar, yang masing-masing motif melambangkan harapan yang baik. Kemudian motif Parang, yang entah kenapa melambangkan perpecahan, jadi ada larangannya tuh di adat Jawa, kalo pengantin gak boleh pakai kain motif parang.But…semua itu kan hanya kepercayaan, walahu’alam…
Trus manfaat lainnya adalah gw dapat menambah ilmu pengetahuan gw tentang jenis-jenis kain Nusantara, secara pas mbandingin ama kain asal Negara tetangga gw merasa kain Indonesia jauh lebih variatif dan unik, bukan narsis nih..tapi serius deh kain Indonesia tuh bener-bener luar biasa indah, banyak pula macamnya…














Tapis Lampung-Tenun Ikat

Dan manfaat terakhir yang gw dapet pas dateng kesana, ya apa lagi kalo enggak nambahin koleksi kain?hehehehe,ujung-ujungnya ya belanja juga,dasar emak-emak.Tapi kali ini emang gw bener-bener beruntung loh, gw berhasil mendapatkan kain buruan yang udah lama gw impikan, apalagi kalo bukan si cantik dari Cirebon, Batik Mega Mendung!!bukannya di Jakarta gak ada ya, di Pasaraya gw pernah nemuin, tapi warnanya gak sesuai impian, harganya gak ketulungan mahal pula, padahal bukan batik tulis tuh.Nah pas di acara Pameran Kain ini gw menemukannya!,meski awalnya gw agak hopeless untuk mendapatkannya secara udah muter-muter gak nemu juga Mega Mendung incaran hati. Banyak sih motif semacam itu, tapi rata-rata warnanya merah biru, ijo atau coklat kelabu gitu, padahal gw lagi nyari yang mirip ama koleksi Ibundanya Jay Subiakto yang pernah gw liat di buku Cara Memakai Kain dari Art Kea itu, Motif Mega Mendung yang berjenis batik tulis dan berwarna putih biru.Setelah muter-muter, gw mampir ke stand Nasional Heritage Cirebon, dan udah hampir membeli Mega Mendung berwarna ijo biru, tau-tau entah muncul dari mana, warna yang gw cari tuh terselip dibawah tumpukan kain lain, duh langsung girang pisan…, dan yang membahagiakan ternyata itu bukan batik cap tapi batik tulis, bener-bener cocok sama impian gw, udah rejeki gw ternyata!alhamdulillah….













Mega Mendung Incaran hati gw, cantik ya??

Gitu deh acara liputan Pameran Adi Wastra Nusantara 2008 yang Pertama kali terselenggara di Negara ini, semoga tahun depan dan tahun-tahun berikutnya akan diadakan lagi, secara gitu ya kita perlu bangga akan budaya Negara kita. Gw pun bertekad untuk mengkampanyekan Kain Nasional dengan mempersering penggunaan kain Nasional ditiap kesempatan, bahkan ke kantor sekalipun…

1 comment:

Lisa said...

borong borong! Thanks for laporan pandangan matanya.