Pages

Monday, August 20, 2007

Bolu Gulung Keju Untuk Abang Sutan


Hari Minggu lalu kami enggak ada rencana untuk kemana-mana selaen main ke rumah Sutan, Sabtunya all day ke rumah Mertua, terus malamnya kami menghadiri malam syukuran kemerdekaan RI di Komplek, acaranya makan malam bersama gitu trus ada acara hiburan juga yang dimeriahkan sama anak-anak dan band bapak-bapak komplek.

Jadi inget cerita Kamis malem pas gw sama Ummi dan Rahmat makan malem bareng setelah mengunjungi kantor baru Rahmat di Buncit, kami ngobrol ini dan itu, pas pulangnya gw ikut mobil Ummi dan Tori masih nongkrong di kantor Rahmat, jam 11 an gw baru di jemput di rumah Ummi, disana gw ketemu Sutan sahabat Lulla yang merupakan anak sulung Ummi,dia lagi sakit, batuk pilek, kesian banget deh.Dia minta ditemenin tidur dulu sama gw sebelum gw pulang, dan disitu gw janji untuk mbikinin kue untuk dia.

Untuk memenuhi janji akhirnya hari Sabtu malam setelah ngehadirin syukuran, gw berkutat di dapur untuk mbikin bolu gulung keju yang merupakan kesukaan Sutan.

Hari Minggu sorenya baru deh gw anterin...
Ini resepnya ya, soal rasa gw cukup puas, lembut dan ngkeju...banget.

Bolu Gulung Keju
(Sumber Majalah Noor Edisi juni 2007)

Bahan :
5 btr telur
110 gr gula halus
20 gr Ovalet (Ewoy pake Sponge 28)
2 sdm air
1/4 sdt vanila bubuk

Ayak :
100 gr terigu protein rendah
2 sdm susu bubuk
1/4 baking powder
40 ml minyak
1/4 sdt cokelat pasta

Buttercream :
100 gr margarine
5 sdm susu kental manis
2 sdm gula halus (Ewoy sengaja masukin gula biar manis)

Taburan :
125 gr keju chedar parut.

Cara membuat :
1. Kocok telur, gula, ovalet dan vanili hingga kental.
2. Masukan terigu, susu bubuk dan baking powder yang sudah diayak.masukkan margarine cair dan minyak, aduk rata.
3.tuang di loyang 30x30 cmyang dialasi kertas roti dan dioles margarine.
4.Ambil 2 sdm adonan, campur dengan cokelat pasta.tuang ke plastik spuit kecil.Buat garis-garis memanjang jarak kurang lebih 4 cm.Tarik garis saling berlawanan dengan menggunakan pisau, hingga terbentuk motif.
5.Panggang di oven 210 derajat selama 13 menit hingga matang.keluarkan dari oven.
6.panas-panas, oleskan margarine di permukaan kue.Biarkan dingin.
7.Buttercream yang telah di kocok dioleskan ke kue, lalu taburi keju.Gulung dengan bantuan kertas roti, padatkan.Biarkan dalam keadaan terbungkus selama 30 menit.Buang kertasnya, lalu potong-potong.

5 comments:

Mamah 'Little Aras' said...

nyem nyem nyeemmm :D

Ryu`s Mom said...

Bolgulnya mauuuu...bikin blog masakan donk Ewoy, keren keren kayaknya nih makanannya.

widie said...

Bolu gulung keju pasti enak tuh..syusah ga bikinnya..(daku paling males bikin kue krn susah haha..)
Boleh neh kl bs mesen hehe...

MErrytaRiyadi said...

Wid, kalo bikinnya guampang tenan, serius deh..bahan2nya jg gampang bgt.Tp jujur aja pas nggulungnya emang kudu nahan napas, sushe bo...gw 2 kali bikin baru bs bulet rapih...
Duh kl 10 hari gw kirim ke tmpt lu kira2 basi dijalan gak?heheheh

MErrytaRiyadi said...

Mama Ay, gw tuh pgn biki blog masak, tp kok males bgt ya bawaannya.Tp kayaknya udah perlu deh bikin blog khusus masakan.Thx udah ngingetin ya bu...