Pages

Wednesday, September 3, 2008

Liputan Kelas Kreasi Plastisin bersama majalah Ummi


Ini dia liputan kelas kreasi plastisin yang kemaren diselenggarain sama majalah Ummi dan gw sebagai mentor-nya,ehehehe…Kalo mentor-nye kayak gw,gimane muridnya ya?pecicilan deh pasti…ehehehe

Peserta ga banyak,mungkin karena di iklannya disebut plastisin, jadi orang gak ngeh apa itu plastisin?trus kreasi plastisin tu kayak gimana?ya publikasi belom sempurna lah,membuat peserta cuma sedikit.

Plastisin itu sebenernya semacam clay,kerajinan membuat hiasan semacam patung kecil dari adonan semen putih atau biasa disebut clay.Plastisin berbeda sedikit dengan clay, karena adonan plastisin dibikin sendiri.Bahannya dari tepung terigu,tapioca dan tepung beras yang dicampur sama lem putih (lem fox). Adonan plastisin bikinan gw ini relative lebih awet, bahakan hiasan toples yang bikin tahun lalu pun masih keras dan gak ada perubahan warna.Beberapa jenis clay justru sering bulukan alias dihinggapi jamur,tapi Alhamdulillah plastisin adonan yg gw bikin gak disukai sama jenis jamur manapun..dijamin awet!ehehehehe..



Yang terberat dari proses pembuatan plastisin ini adalah menguleni adonannya,kadang butuh tenaga dan ‘feel’ tertentu.Ini yang gw ajarin ke temen-temen peserta kelas yang hadir.Trik-trik membuat adonan supaya gak lembek dan gak pecah. Setelah adonan jadi, giliran pewarnaan,tapi pewarnaan juga gak mudah ya,soalnya kalo cat atau pewarnanya mengandung banyak air maka tekstur adonan ikut berubah,bahkan bisa melembek.Maka ga gw saranin pewarnaan menggunakan pewarna yang waterbase,kalo bisa yg minim kadar airnya.

Kalo dua tahap ini udah sukses dilalui,maka berikutnya adalah tahap pembentukan, disini yang dibutuhkan adalah imajinasi dan kreatifitas.


Adonan plastisin setelah diwarnai dan siap dibentuk

Alhamdulillah peserta kursus semuanya kreatif,jadi semua orang fun sama kegiatan membentuk.

Setelah dibuat bentuk-bentuk yang diinginkan,maka tinggal ditata di stoples,dan hasilnya stoples plastic bening itu bisa disulap menjadi stoples yang lucu dan nggemesin…

Next time,kita mo ngadain kelas serupa,temen-temen yang minat bisa kasih tau ke gw atau kasih tau ke redaksi majalah Ummi ya…See ya!

8 comments:

mama icel said...

keren ya bu..kreatif banget!

Raquel Brenda said...

Woy, lucu bgt hiasannya... wah kreatif bgt ibu satu ini...

bahannya tinggal di ganti fondant jadi deh kue buat Lulla ya.. hi3x..

Anang said...

wah kreatif bu... met menghias rumah.... menjelang lebaran juga nih....

Vivi Alexander said...

Mau nanya nich, adonan plastisinnya pake pengawet gak? kalo pake, jenis apa ya? Soalnya aku pernah bikin, udah pake pengawet tp koq masih bulukan & berubah warna? Boleh minta resepnya? Thx.

lovinblue said...

halo mba salam kenal....
saya anggi...baru mencoba2 membuat plastisin nih mba...

emang rada susah yamba pas mo ngulenin adonannya...sering banget pecah...trus lem fox sama tepung2nya gak nempel sempurna...kasih tips dong mba caranya gimana...?

oiya kalo da pelatihan lagi kabari akyu ya mba...atau adain ja pelatihan didepok mba...(rumahkyu jg di depokz loh mba...)

zara said...

mba' bagus banget kreasi plastisinx, q sm temenq pingin bikin, tp g' tau bahan sm carax. Kebetulan temenq ada niatan buat souvenir buat acara marriedx nanti.
bantuin ya mba' sekalian tips2x.D foto bahan yang udah dcampur pewarna bisa tercampur sebagus itu, hebat deh.
Matur nuwun mba'

lila said...

Salam kenal Bu.
Kalau cara mewarnainya memakai cat apa?

mizanbukumania said...

Salam kenal Mom....Happy Ramadhan!:

Share juga resep komplit dg takaran dan cara pembuatannya dong Mom....Saya ada di Bandung, minat banget ikutan workshopnya, kapan Majalah Ummi ngadain workshop di Bandung....?

Evy