Pages

Thursday, September 5, 2013

CommuterLine Moda transportasi modern


Saya bekerja di bilangan jakata selatan, rumah saya di depok, setiap pagi saya berangkat kerja diantar driver menggunakan mobil pribadi, sebelum ke kantor saya mengantar anak2 ke sekolah.. Mengantar anak ini adalah kegiatan menyenangkan bagi saya, seperti booster di pagi hari ketika bersama anak2 melewati pagi bersama meski hanya 30 menit, dan sore hari saya kembali di jemput oleh driver.

Awalnya saya masih biasa2 aja dengan rutinitas ini, menggunakan kendaraan pribadi di jam2 sibuk lalu lintas (jam pergi dan pulang kantor) masih dirasa masuk akal. Setiap pagi saya membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke kantor, tapi sore hari, wow! Lonjakannya luar biasa, bisa 1 setengah jam diperjalanan, paling cepat  60 menit, apalagi kalau saya gak pulang ontime jam 5 sore, waduh saya bisa terjebak di suasana macet yang parah.

Entah apa yang terjadi, belakangan ini kemacetan sore luar biasa parahnya, saya pun mulai melirik alternative lain. Saya yang sejak kuliah terbiasa naik KRL, melihat moda transportasi ini adalah hal yang gak asing lagi. Memang  saya akui jasa KRL dahulu buruk banget, saya cenderung memilih naik angkot yang panas dan macet daripada terhimpit2 parah di KRL, tapi kalau kondisi mendesak saya akan naik KRL juga. Namun melihat perkembangan KRL sekarang yang berubah nama menjadi Commuterline, saya mulai melirik untuk menjadikan moda transportasi ini sebagai alternative.

Apalagi sejak ada gerbong khusus wanita, wow saya makin merasa nyaman, karena dirasa lebih aman. Lambat laun sepertinya PT KAI melakukan pembenahan luar biasa, dari mulai merapihkan stasiun, merapihkan system karcis dan sistem2 layanan lainnya.

Untuk pertama kalinya saya membeli kartu  berlangganan, dimana kita cukup mendepositkan sejumlah uang agar kita gak perlu antri di karcis, cukup tempelkan di layar, lalu kita bisa masuk portal ke kawasan peron, OMG… mirip2 naik MRT di Singapore rasanya. Cukup bangga saya melihat kemajuan layanan Commuterline sekarang ini, good job untuk management PT KAI!

Kemarin sahabat saya pulang dari Japan, dia menggunakan public transportation disana, dan ia memuji bahwa commuterline Jakrta sudah mulai layak jika membandingkan dengan japan, saya yakin kita akan sama majunya dengan Negara maju lainnya.

Yah sudah sebulan terakhir ini setiap sore sepulang kantor, saya lebih banyak naik commuterline, dan saya bahagia banget karena naik commuterline saya jauh lebih cepat sampai rumah, sehingga saya lebih banyak punya waktu dengan anak2 di rumah, moga2 kedepannya armada commuterline diperbanyak jadi tingkat kepenuhan di gerbong bisa dikurangi, layanan juga makin diperbaiki sehingga antrian tidak panjang, kondisi kereta pun prima supaya tidak ada keterlambatan dan tetap nyaman.

2 comments:

kikils said...

kalo naik mobil itu 1 jam, kalo naik KRL jadi berapa jam kk?

momLnB said...

paling lama 30 menit :)