Pages

Friday, December 2, 2011

Baby Brave ga suka mimik pakai botol

Semangat pemberian ASI Ekslusif masih membara saat ini di hati saya, sekarang baby Brave sudah 5 bulan, sedikit lagi saya lulus ‘S1’ alias genap memberikan asi ekslusif untuknya. Meski saya berniat menyelesaikan sampai jenjang ‘S3’ atau 2 tahun.

Saya tetap bekerja, dan saya menyempatkan untuk memompa ASI saya di kantor setiap harinya. Setiap selesai memerah ASi saya menempatkan nya di plasti khusus penyimpanan asi yang khusus dirancang BPA free, jadi aman untuk bayi. Saya menyimpan asi sesuai dengan takaran sekali minum, jadi tiap asi dihangatkan dapat langsung minum untuk 1 kali, jadi asi gak bolak balik dihangatkan tiap baby brave mau minum susu, kawatir kandungan gizinya makin berkurang.


Setiap hari baby Brave diantar ke daycare kami selalu membawakan ‘ bekal’ beberapa kantong asi untuk keperluan konsumsi asi seharian. Ada yang aneh, brave yang di rumah sangat suka mimic, tiba- tiba ogah- ogahan untuk mimik. Saat itu saya sudah menyiapkan aneka botol yg kiranya bakal nyaman dipakai, mulai dari merk yg mahal Tomi tipee, pigeon yg canggih itu sampe pigeon konfesional yg dotnya rubber (coklat). Tapi ternyata laporan dari daycare menunjukkan brave emang gak suka mimik, jadi mimiknya sedikit sedikit banget.

Sebulan lebih kami masih mencoba melatihnya dengan botol, sampai pada suatu hari ia demam, setelah dirawat di rumah, hari berikutnya ia masuk daycare lagi, saat itu ia mogok gak mau minum asi via botol. Daycare menelpon saya, lalu saya segera menjemput brave, saya susui langsung dan ia mau. Besoknya saya ambil cuti, untuk mencari solusi, gimana caranya brave mau minum asi selama saya ngantor. Saya mencoba menyuapinya dengan sendok, hasilnya?ia semangat minum asi!sekali minum bisa 100ml. rasanya bahagia banget. Akhirnya keesokan harinya saya meminta pengasuh di daycare menggunakan sendok untuk memberikannya asi, dan sampai sekarang jumlah asi yang ia konsumsi meningkat.

Ada kekhawatiran apakah pola minum susu menggunakan sendok ini akan berlangsung terus?karena banyak pengalaman teman- teman yang terlanjur memberikan susu menggunakan sendok sampai anak itu besar, akhirnya menjadi kendala karena anak jadi malas minum susu dan minumnya pun sedikit dan lama. Ternyata triknya agar tidak terjadi hal itu adalah, pada usia 6 bulan,bayi harus mulai dikenalkan dengan penggunaan softcup sehingga si bayi belajar menyeruput dan akan terlatih dengan sendirinya.

Saya berfikir ini malah akan membantu saya ntuk mewujudkan mimpi menuntaskan pemberian asi hingga 2 tahun , dan pada dasarnya penggunaan dot emang kurang disarankan.beberapa teman di kantor sudah mengalami kendala karena bayi mereka mengalami bingung putting, sehingga di usia yang masih kecil bayi2 itu lebih suka pada dot daripada payudara ibunya, aaah…syukurlah saya jauh lebih disukai daripada dot, ehehehe…

No comments: