Pages

Friday, February 16, 2007

Besok Weekend


Mamamia...besok adalah hari yang dinanti, esok pagi hal yang pertama dilakukan adalah pergi ke Tumble Tots Depok mengantar Calulla sekolah. Ini aktivitas yang paling menyenangkan untuk gw dan dia. Selama ini gw adalah pendamping dia di kelas, posis gw hanya 4 kali digantikan oleh orang lain, 3 kali oleh papanya, dan 1 kali oleh Jannah pengasuhnya, selebihnya gw lah yang menemani dia. Entah kenapa jika gw yang nemenin dia jadi tertib, tapi kalo didampingin sama papa ataupun pengasuhnya dia engga mau tertib, apa mungkin dia takut sama gw?tapi rasanya gw engga galak kok sama dia, sejak dia lahir sampai detik ini gw engga pernah menghukum dia menggunakan fisik, nyubit ataupun memukul adalah hal yang menjadi amit- amit buat gw. Gw merasa cuma harus tegas menanggapi kenakalan Calulla, walau bagaimana dia cuma anak- anak, seperti kata salah satu sahabat gw bahwa "tugas anak- anak hanya dua yaitu berbuat salah dan bermain", jadi kita selaku orang tua hanyalah mengarahkan itu semua supaya lebih terarah. Calulla gw didik untuk disiplin dan berahlak mulia.Saat ini gw engga memaksakan anak saya harus hapal lagu apa, harus mantap berbahasa inggris, atau hapal luar kepala tentang huruf atau angka.Secara dia juga baru umur 1 tahun 11 bulan juga, jadi engga gw paksa dia untuk mempelajari hal- hal itu, toh jika sudah saatnya nanti dia akan bisa itu semua, saat ini selagi otak dia masih fresh gw lebih cenderung ingin mendidik dia untuk mengasah kecerdaan emosionalnya, seperti :
1. gw membiasakan dia untuk meminta maaf jikalau berbuat salah, agar dia terbiasa bersikap fair;

2. gw mengajarkan dia untuk meminta tolong dengan mebiaskan diri mengucap kata "tolong" agar dia tidak semena- mena menyuruh-nyuruh orang;

3. gw membiasakan dia mengucapkan kata "terimakasih" jika menerima bantuan ataupun kebaikan dari orang agar dia bisa menghargai apa yang orang lakukan;

4. gw mendidik dia untuk memeluk dan mengatkan I love you dengan harapan dia bisa mengekspresikan cinta pada orang yang dia sayangi;

5. dan gw pun telah mengenalkan dia dengan aktivitas menabung, dimana setiap pagi saya
meninggalkan uang Rp.500,- sampai dengan Rp.3000,- untuk ia masukkan ke dalam celengannya, ini juga sebenarnya usulan dari Aunty dan Uncle-nya di sekolah, alhamdulillah Aunty, Uncle...aktivitas menabung ini masih terus dia lakukan dengan sangat gembira padahal saya yakin dia belum mengerti soal fungsi uang.

Begitulah pola didik saya dengan Calulla, oh iya ada satu lagi keunikan anak saya, sejak ia bisa duduk (kalo gak salah umur 7 bulan lebih) dia sudah tertarik dengan pensil warna, sampai saat ini kegiatan bermain dia yang tiap hari dia lakukan adalah mewarnai dan menggambar, memang belum jelas konsepnya tapi dia begitu enjoy dengan aktivitas itu, like mother like daughter kata suami saya, may be...

Dan besok adalah weekend, hari dimana saya akan bersamanya seharian dan kami akan bermain bermain bersama...jika saya bisa deskripsikan tiada hal yang paling indah selain berada di dekatnya, ia candu buat saya..dan weekend adalah penyelamat saya.

No comments: